Ketua

Photobucket
Aprilius Dowansiba

Wakil

Photobucket
Dipending

Sekretaris

Photobucket
Dipending

Bendahara

Photobucket
Dipending

Profil Kabupaten Manokwari

Wilayah Kabupaten Manokwari terdiri dari 29 Kecamatan, 132 Desa dengan luas wilayah 14.448,50 Km2. Kabupaten Manokwari sebagian besar berada di dataran pulau irian. Secara geografis terletak di 0o15 - 3o25 LS dan antara 132o35 - 134o45 BT, Daerah ini berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik di sebelah utara, Kabupaten Fakfak di sebelah selatan, Kabupaten sorong di sebelah barat, Kabupaten Paniai di sebelah timur. Manokwari mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan antara lain Pembangunan pertanian tanaman pangan pada prinsipnya bertujuan untuk meningkatkan produksi tanaman pangan guna memantapkan pendapatan petani dan upaya pemerataan pembangunan pedesaan dengan hasil pertanian yang utama meliputi padi, ubi kayu, ubi jalar, kacang tanah, kacang hijau, kedele, jagung. Selain bertani, penduduk Manokwari juga bermatapencaharian sebagai peternak, pengembangan usaha beternak dilakukan dengan mendatangkan bibit unggul, melaksanakan inseminasi buatan, perbaikan mutu pakan, serta pencegahan dan pemberantasan penyakit. Populasi peternakan didaerah ini berupa kambing, kuda, kerbau, sapi, itik, dan ayam buras. Di sektor pariwisata, Manokwari memiliki potensi wisata yang bisa dikembangkan yang meliputi hutan wisata Gunung meja, makam missonaris ottaw dan beberapa penginjil di Kwawi, sanggar senirupa karerin art papua , pantai pasir putih, tempat pemanggilan ikan di kampung bakaro, pantai amaban, pantai maruni, danau kabori. Topografi Kabupaten Manokwari pada umumnya adalah daerah berbukit dan dataran tinggi. Manokwari juga memiliki potensi sumber daya alam flora dan fauna yang sangat menarik, jenis Pohon yang terdapat di Kabupaten Manokwari adalah pohon Matoa. Aghtis, Rhizopora, Instsia dan Bugeira, dan lain-lain. Jenis fauna yang terdapat di Kabupaten Manokwari sama halnya dengan daerah-daerah lain di Papua. Burung Cendrawasih, Burung Kakatua Hitam, Burung Mambruk, Ayam Hutan, Nuri, Biawak, Penyu Belumbing, terdapat pula beragam jenis kupu - kupu yang sangat menarik dan beraneka warna hidup di Pegunungan Arfak secara liar Pegunungan Arfak, salah satu potensi sumber daya alam yang unik lagi menarik dan sangat dikagumi karena kelangkaanya.
Dari hasil pertanian, perkebunan, peternakan ini berdampak besar juga terhadap perdagangan. Perdagangan menjadi tumpuan mata pencaharian penduduk setelah pertanian. keberadaan infrastruktur berupa jalan darat yang memadai akan lebih memudahkan para pedagang untuk berinteraksi sehingga memperlancar baik arus barang maupun jasa. Manokwari terletak di Teluk Doreri, letaknya sangat strategis memudahkan orang untuk berkunjung ke kota ini dengan menggunakan beberapa jenis angkutan seperti kapal laut dan pesawat udara. Di Manokwari sudah terdapat emapat bauah Bandara utama yaitu Bandara Rendani, Bandara Kebar, Bandara Babo yang terletak di Manokwari, dan Bandara Ijahabra yang terletak di Ijahabra, serta sudah terdapat juga emapat buah Pelabuhan yang utama yaitu Pelabuhan Manokwari, Pelabuhan Oransbari, Pelabuhan Bintuni, dan Pelabuhan Arandai.


0 komentar:

Posting Komentar

jika tulisan diatas bermanfaat bagi anda jangan lupa silahkan berkomentar dibawah ini, setelah ketik kometar bagi yang belum mempunyai web pilih Anonymous...

Terimakasih...atas komentarnya dan Tuhan Memberkati kita semua



Ipmma